MACAM-MACAM SEARCH ENGINE (MESIN PENCARI)
Search engine adalah situs yang sering kita kunjungi. Saat kita
ingin mencari suatu informasi kita pasti mengunjungi search engine. Search
Engine atau situs mesin pencari yang paling dikenal saat ini adalah om Google.
Tapi selain itu masih banyak lagi search engine yang ada di dunia. Saya akan
menjelaskan beberapa diantaranya beserta keunggulan dan kelemahannya.
1. Google (http://www.google.com)
Google merupakan
sebuah perusahaan publik Amerika Serikat, berperan dalam pencarian Internet,
Cloud Computing, serta teknologi iklan online & perangkat lunak.
Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford dan perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi pada 7 September 1998.
Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004, mengumpulkan dana $1,67 milyar, menjadikannya bernilai $23 milyar. Melalui berbagai jenis pengembangan produk baru, pengambil alihan dan mitra, perusahaan ini telah memperluas bisnis pencarian dan iklan awalnya hingga ke area lainnya, termasuk email berbasis web, pemetaan online, produktivitas perusahaan, dan bertukar video.
Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford dan perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi pada 7 September 1998.
Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004, mengumpulkan dana $1,67 milyar, menjadikannya bernilai $23 milyar. Melalui berbagai jenis pengembangan produk baru, pengambil alihan dan mitra, perusahaan ini telah memperluas bisnis pencarian dan iklan awalnya hingga ke area lainnya, termasuk email berbasis web, pemetaan online, produktivitas perusahaan, dan bertukar video.
·
Kelebihan :
1.
Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
2.
Lebih canggih dengan fitur yang
dimilikinya.
3.
Tampilan yang sederhana.
4.
Google merupakan satu-satunya mesin
pencari yang memilki cach. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat menghemat
waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan.
5.
Dapat mencari segala informasi seperti
gambar, berita artikel, hiburan dll.
·
Kekurangan :
1.
Dengan kelebihan yang dimilikinya,
ternyata mesin pencari ini jadi bidikan para spamer untuk menampilkan
iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah yang ada
pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada halaman
terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu.
2. Yahoo (http://www.yahoo.com)
Yahoo ialah sebuah
perusahaan Internet multinasional yang berpusat di Sunnyvale, California,
Amerika Serikat. Perusahaan ini terkenal karena portal webnya, serta mesin
pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, Yahoo!
Finance, Yahoo! Groups, Yahoo! Answers, situs dan layanan periklanan, peta
daring, berbagi video, olahraga fantasi dan media sosialnya. Yahoo! adalah
salah satu situs web terbesar di Amerika Serikat.
Yahoo!
adalah sebuah portal web populer yang dioperasikan perusahaan yang bernama
Yahoo! Inc.. Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman
buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, di mana saat itu dua orang alumni
Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota
karena cuti besar.
·
Kelebihan :
1.
Adanya fitur e-mail yang banyak disukai
oleh orang-orang.
2.
Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
3.
Fiturnyanya yang komplit.
4.
Yahoo juga menyediakan salah satu
fungsi yaitu katalog web. Link ke menu bantuan (help) juga dapat dikenali
dengan baik di halaman login dengan keterangan yang cukup jelas.
·
Kekurangan :
1.
Loadingnya membutuhkan waktu yang lama
2.
Satu id yahoo hanya untuk yahoo, tak
bisa untuk produk windows, seperti IM dan msn
3.
Teralu mudah untuk membuat id, sehingga
kadang-kadang disalah gunakan
4.
Fitur Y!M masih sangat kalah jauh dengan
IM keluaran windows
5.
Skin untuk Y!M masih sangatlah simple,
tak seperti IM yang ada cukup banyak
3. MSN (http://search.msn.com)
Microsoft Network
atau MSN adalah layanan situs web portal yang dimiliki oleh Microsoft.
Diluncurkan pada tanggal 24 Agustus 1995, MSN dapat dioperasikan dengan sistem
operasi Windows 95, Windows 98, Windows 2000, Windows XP dan Windows Vista.
Bagian-bagian dari MSN adalah Hotmail, Windows Messenger, My MSN dan Download
IE8. MSN kini tersedia dalam semua bahasa di dunia.
Mesin
pencari dari Microsoft Network ini menawarkan pencarian baik dengan kata kunci
maupun dari direktori. Pemakai Internet Explorer kemungkinan besar sudah pernah
menggunakan mesin pencari ini. Situs Searchenginewatch mencatat MSN sebagai
mesin pencari ketiga populer setelah Google dan Yahoo! Tak ada pencarian image,
atau news. Menyediakan pencarian peta, yellow pages, white pages, pencarian
pekerjaan, rumah.
·
Kelebihan :
1.
Mampu mencari video, musik, gambar, dan
beragam format file spesial.
·
Kekurangan :
1.
Pencarian dibutuhkan waktu yang lama
sampai hasil ditampilkan di halaman MSN.
2.
Pengguna juga sulit membedakan antara
iklan dan bukan iklan pada halaman pencariannya. Penampilan iklan hanya
dibedakan dari hasil asli melalui sebuah titik di depannya.
4. Bing (http://www.bing.com)
Bing
(sebelumnya Live Search, Windows Live Search, and MSN Search) merupakan situs
mesin pencari web (diiklankan sebagai “mesin pengambil keputusan/decision
engine”) yang bernaung di bawah bendera Microsoft. Bing merupakan bentuk
reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya
terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search.
Mesin
pencari ini diperkenalkan pada tanggal 28 Mei 2009 oleh CEO Microsoft Steve
Ballmer pada konferensi All Things Digital di San Diego, Amerika Serikat, dan
secara resmi diluncurkan pada 1 Juni, menggantikan mesin pencari sebelumnya,
yaitu Live Search.
Bing
diciptakan dengan menggunakan suatu teknologi, yakni PowerSet yang telah dibeli
Microsoft pada tahun 2008. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh
hasil pencarian yang lebih akurat. Di samping itu, Bing dilengkapi dengan
kemampuan untuk menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Skydrive,
Facebook, dan email. Bing mengelompokkan pencarian berdasarkan empat kategori,
yaitu:
1.
Web untuk pencarian halaman situs atau
website.
2.
Images untuk pencarian gambar.
3.
News untuk pencarian berita.
4.
xRank untuk pencarian siapa dan apa
yang paling banyak dicari oleh pengguna Bing.
Pada
tanggal 29 Juli 2009, Microsoft dan Yahoo! mengumumkan sebuah penawaran, dimana
Bing akan menggerakkan Yahoo! Search. Semua pengguna dan mitra Yahoo! Search
diharapkan telah mengalami transisi tersebut pada awal 2012.
Pada
Oktober 2011, Bing mengumumkan sedang mengerjakan infrastruktur pencarian baru,
dengan tujuan memberikan hasil pencarian yang lebih cepat dan sedikit lebih
relevan bagi pengguna. Teknologi pengindeksan baru yang dikenal sebagai “Tiger”
ini telah dimasukkan ke Bing secara global, sejak Agustus 2011. Pada Mei 2012,
Bing mengumumkan rancangan ulang lain ada mesin pencarinya yang mencakup “Bilah
sisi” (Sidebar), fitur sosial yang mencari pada jejaring sosial pengguna untuk
mendapatkan informasi yang relevan dengan kata kunci pencarian.
5. Web Crawler
Web
crawl dapat digunakan untuk beragam tujuan. Penggunaan yang paling umum adalah
yang terkait atau berhubungan langsung dengan search engine. Search
engine menggunakan web crawl untuk mengumpulkan informasi mengenai apa yang ada
di halaman-halaman web publik. Tujuan utamanya adalah mengumpukan data sehingga
ketika pengguna Internet mengetikkan kata pencarian di komputernya, search
engine dapat dengan segera menampilkan web site yang relevan dan sesuai dengan
yang dicari.
Ketika
web crawl search engine mengunjungi halaman web, ia “membaca” teks yang
terlihat, hyperlink, dan konten berbagai tag yang digunakan dalam situs seperti
meta tag yang banyak berisi keyword. Berdasar kaninformasi yang dikumpulkan web
crawl, search engine akan menentukan situs dan mengindex informasinya. Website
tersebut kemudian dimasukkan ke dalam database search engine dan dilakukan
proses penentuan ranking setiap halamannya.
·
Kelebihan :
1.
Suatu program atau script otomatis yang
relatif simple.
2.
Dapat digunakan untuk beragam tujuan.
Penggunaan yang paling umum adalah yang terkait atau berhubungan langsung
dengan search engine.
3.
Fungsi web crawler untuk search engine
jauh lebih kompleks bahkan detail
4.
Algoritma search engine raksasa seperti
google tidak mudah terungkap.
·
Kekurangan :
1.
Beroperasi hanya sekali, misalnya untuk
suatu projek yang hanya sekali jalan.
2.
Secara umum web crawler mengakses
sebuah url website melalui internet, proses crawling dapat dilakukan dengan
teknik multi-thread agar optimal.
3.
Konten seperti teks dan metadata akan
disimpan pada media penyimpanan, sedangkan link/ url yang ditemukan akan
disimpan kedalam daftar antrian, dan dijadwalkan untuk proses berikutnya.
6. Looksmart (http://www.looksmart.com)
Looksmart
adalah pelopor industri periklanan pencarian online. Didirikan pada tahun 1997,
Look Samrt salah satu search egine pertama menyediakan kemampuan internet
pencari. Selama bertahun-tahun, Look Smart telah menyediakan solusi
pengiklannan seperti, MSN, dan Ask adalah salah satu sponsor dari looksmart.
Looksmart berfokus pada menghubungkan pengiklan dan penayangan di jaringan
pencarian dengan kualitas tinggi tinggi.
Looksmart
adalah salah satu Search Egine pencarian iklan terbesar, pengolahannya lebih
dari 2 milyar query per hari. Look Smart melayani iklan berbasis teks
yang berkualitas tinggi. Look Smart menyediakan iklan itu secara langsung
dengan beragam ribuan pencarian pengiklannan berbayar. Yang paling penting Look
Smart menghubungkan pengiklanan dengan protokol jaringan yang berkualitas
tinggi. Look Smart berdiri dengan industri terkemuka dengan komitmen terhadap
kualitas Protokol Jaringan.
·
Kelebihan :
1.
Menyediakan produk iklan pencarian dan
layanan kepada pengiklan teks
·
Kekurangan :
1.
Situs ini merupakan yang termasuk
berbayar
7. Altavista (http://www.altavista.com)
Altavista
merupakan search engine yang cukup terkenal dimata dunia. Suatu saat, AltaVista
pernah menjadi mesin pencari terbesar. Di altavista, kita bisa mencari berbagai
informasi berupa web, gambar, video, berbelanja online, aplikasi, dan berita.
AltaVista
diciptakan oleh para peneliti di Digital Equipment Corporation ‘s Western
Research Laboratory yang mencoba untuk memberikan layanan untuk membuat file
penemuan tentang jaringan publik lebih mudah. Walaupun ada beberapa
perselisihan tentang siapa yang bertanggung jawab atas ide asli,dua peserta
kunci Louis Monier , yang menulis crawler , dan Michael Burrows , yang menulis
pengindeks . Nama AltaVista dipilih dalam kaitannya dengan lingkungan
perusahaan mereka di Palo Alto. AltaVista adalah publik diluncurkan sebagai
mesin pencari internet pada tanggal 15 Desember 1995 di altavista.digital.com.
Keunggulan
AltaVista adalah pilihan pencarian yang paling lengkap di antara semua mesin
pencari.
·
Kelebihan :
1.
Keunggulan dalam hal pencarian halaman
web, video, gambar, MP3, dan file audio lainnya. Dalam pencarian berita pun Altavista
mampu mencari berita teraktual.
2.
Altavista mampu menetapkan berapa umur
maksimal yang akan ditampilkan.
·
Kekurangan :
1.
Dalam hal pencarian data yang kurang
bagus. Sering kali mesin pencari ini menampilkan hasil yang sama sekali tidak
ada kaitannya dengan tema yang dicari.
8. Alltheweb (http://alltheweb.com)
AlltheWeb
adalah mesin pencari internet yang memulai debutnya pada pertengahan-1999 dan
ditutup pada tahun 2011. Ini tumbuh dari FTP Cari, doktor tesis Tor Egge di
Universitas Norwegia Sains dan Teknologi, yang ia mulai pada tahun 1994, yang
pada gilirannya mengakibatkan pembentukan Pencarian Cepat & Transfer
(FAST), didirikan pada tanggal 16 Juli 1997. Itu digunakan terutama
sebagai situs pameran untuk perusahaan mesin pencari CEPAT. Menurut FAST,
AllTheWeb sekali disaingi Google dalam ukuran dan teknologi AlltheWeb pernah
menjadi sepopuler Google, meskipun, dan yang userbase menurun setelah itu
dibeli oleh Overture pada tahun 2003.
Keunggulan
Alltheweb adalah pencarian file pada FTP Server. Tidak seperti web, FTP adalah
teknologi internet yang ditujukan untuk menyimpan dan mendistribusikan file,
biasanya program, audio atau video. Web sebenarnya lebih ditujukan untuk teks.
Sejauh ini, hanya AllTheWeb yang menyediakan jasa pencarian file.
·
Fitur-fitur alltheweb :
1.
AlltheWeb merupakan fitur pencarian
yang paling kuat yang memungkinkan seseorang untuk menemukan sesuatu yang lebih
cepat dibandingkan dengan mesin pencari lainnya.
2.
Indeks AlltheWeb’s (disediakan oleh
Yahoo!) Meliputi milyaran halaman web, serta puluhan juta PDF dan MS Word ®
file. Yahoo! scan seluruh Web untuk memastikan bahwa konten kita fresh dan
untuk menghilangkan link yang rusak.
3.
AlltheWeb menawarkan berbagai alat
pencarian khusus dan fitur pencarian lanjutan, dan mendukung pencarian dalam 36
bahasa yang berbeda.
4.
AlltheWeb menawarkan hingga berita dari
ribuan sumber berita di seluruh dunia, dengan ratusan cerita diindeks setiap
menit.termasuk pencarian ratusan juta file multimedia
5.
Yang paling penting, AllTheWeb
menyediakan kontrol yang diperlukan untuk mencari persis apa yang pengguna
cari, termasuk beberapa pencarian lanjutan yang paling canggih fitur yang
tersedia.
·
Kelebihan :
1.
Kemudahan dalam mencari.
2.
Tampilan yang sederhana seperti Google.
3.
Alltheweb langsung menyediakan fungsi
untuk pencarian berita, musik, gambar, dan video.
4.
Menu bantuan terlihat jelas, dan di
dalamnya tersedia sejumlah opsi bantuan yang banyak, sehingga sekali lagi
kemudahan tampak bagi si pengguna.
·
Kekurangan :
1.
Pencarian yang lama dibandingkan dengan
mesin pencari lainnya.
2.
Halaman pencarian hanya dibatasi dengan
sebuah garis sehingga membingungkan si pengguna.
3.
Pada link-link yang tidak berguna terkadang masih
terlihat dalam beberapa hari, sehingga terlihat kurang aktual. Hal ini
menunjukan tidak cepatnya Alltheweb melakukan update.
9. Excite (http://www.excite.com)
Excite
merupakan search engine yang serupa dengan yahoo. Keistimewaan Excite adalah
pilihan menu yang ditawarkan cukup lengkap dengan sistem indeks yang cukup
baik. Excite merupakan search engine yang cukup baik untuk mengetahui
berita-berita terbaru dari beberapa sumber seperti Reuters dengan menu barunya
yang disebut “Today on Excite” walaupun tidak tergolong excellent. Search
engine ini baik bagi pemula karena fasilitas pencariannya yang mudah dan
sederhana. Selain itu, excite juga dilengkapi dengan fasilitas “chatting”,
“business news”, “sport news” dan lain-lain.
·
Kelebihan :
1.
Excite memiliki tampilan yang cukup
bagus. Bahkan saat kita memasuki situs Excite, disana terdapat beberapa
fasilitas yang memudahkan kita dalam mencari segala sesuatunya, diantaranya ada
email, movie, video, news, horoscope, ramalan cuaca, sampai pada lowongan
kerja. Fasilitas-fasilitas inilah yang dapat sedikit memudahkan kita untuk
mengetahui segala sesuatunya.
·
Kekurangan :
1.
Kurang terkenal karena kurang banyak
yang tahu
10. Gigablast (http://www.gigablast.com)
Gigablast
adalah mesin pencari di Internet, didirikan pada 2000 oleh Matt Wells.
Gigablast merupakan proyek terakhir dari Matt Wells, setelah membuat situs web
Infoseek selama tiga tahun, Gigablast didirikan dengan tujuan untuk melakukan
pencarian halaman web dengan kemampuan maksimal mesin pencari lain pada
zamannya, namun menggunakan alat seminimum mungkin. Pada bulan Januari 2005,
mesin indeks dari Gigablast hampir memiliki satu miliar halaman web yang telah
terindeks, dengan hanya menggunakan biaya 8000 Dolar Amerika Serikat (kontra
8000000000 puluhan halaman dan bernilai jutaan peralatan untuk Google).
11. Aol (http://www.aol.com)
AOL
didirikan pada tahun 1983 dengan nama Control Video Corporation (CVC). Produk
tunggal AOL adalah Gameline.
Pada
tahun 1983, Steve Case dipilih jadi konsultan pemasaran CVC atas rekomendasi
kakaknya, banker investasi Dan Case. bulan Mei 1983, Jim Kimsey menjadi
konsultan manufaktur Control Video, tapi dekat kebangkrutan. Kimsey dibawa oleh
Frank Caufield tanggal 24 Mei 1985, Control Video direorganisasi sebagai
Quantum Computer Services, Inc. dengan Kimsey sebagai CEO, dan Marc Seriff
sebagai CTO.
Pada
tahun 1985 meluncurkan layanan online khusus buat komputer Commodore 64 dan
Commodore 128 dengan nama Quantum Link.
·
Kelebihan :
1.
Cepat menemukan apa yang Anda cari di
komputer Anda sendiri menggunakan kata-kata kunci dan frase. Jika Anda tidak
tahu namanya, anda hanya memerlukan sedikit kata untuk menemukannya .
·
Kekurangan :
1.
Kecepatan saat membuka masih kurang
cepat dan tampilan juga masih belum sempurna.
12. Ask (http://www.ask.com)
Ask
yang memiliki arti dalam Bahasa Indonesia : “Tanyakan” adalah sebuah mesin
pencari yang berdiri seajak tahun 1996 oleh Garret Gruener dan David Warthen di
California. Situs ini dapat mencari informasi secara detail, cara kerjanya
mirip google. Browser ini memiliki kemampuan untuk menguraikan data lebih
banyak serta menampilkan link lain yang masih memiliki hubungan yang relevan. Ask
mempunyai kemampuan simantik dan ekstraksi guna mengenali jawaban-jawaban
terbaik untuk pertanyaan user. Cara kerjanya tidak jauh beda dengan google,
user tinggal memasukan keyword lalu klik search. Maka user akan menemukan
sederetan hasil beserta link yang mengantar user menuju hasil yang masih
relevan. Situs ini di lengkapi beberapa tab yang di katagorikan dalam web,
images, dsb.
Ask.com
awalnya dikenal sebagai Ask Jeeves, dimana “Jeeves” adalah nama “gentleman
pribadi pria ini”, atau pelayan, mengambil jawaban atas pertanyaan ditanyakan.
Karakter didasarkan pada Jeeves, valet fiksi Bertie Wooster ini dari karya
Wodehouse PG.
Ide
asli di balik Ask Jeeves adalah untuk memungkinkan pengguna untuk mendapatkan
jawaban atas pertanyaan yang diajukan dalam sehari-hari, bahasa alami, serta
kata kunci pencarian tradisional. The Ask.com saat ini masih mendukung ini,
dengan dukungan ditambahkan untuk pertanyaan matematika, kamus, dan konversi.
Situs
mesin pencari yang satu ini mengunggulkan kemampuannya untuk memahami bahasa
manusia. Pengguna bisa menggunakan kalimat lengkap, bukan kata kunci. Situs ini
berguna untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan.
Ask
merupakan search engine yang fungsinya untuk mencari informasi berupa gambar,
document, video, refrensi, dan berita.
·
Kelebihan :
1.
Keunggulan utamanya adalah ia akan
mencari situs penyedia jawaban untuk pertanyaan anda.
2.
Keunggulannya adalah ia akan mencari
situs penyedia jawaban untuk pertanyaan yang diberikan
3.
Lebih canggih dan akan menampilkan
lebih banyak informasi pada halaman pertama hasil pencarian ketimbang Google
dan Yahoo!
4.
Background dari mesin pencari Ask.com
ini bisa diganti-ganti
·
Kekurangan :
1.
Databasenya kecil
2.
Fitur kurang lengkap
3.
Dari segi tampilan di tinjau biasa saja
karena lebih diandalkan dalam pencarian kata
4.
Pencarian kata tidak ada filtering
sehingga data yang tidak dicari semua diambil
5.
Tidak adanya pengelompokkan data
khususnya dalam pembukaan gambar.
13. Iwon (http://www.iwon.com)
Iwon
merupakan search engine yang bekerja sama dengan Ask.com sekaligus merupakan
website untuk menghasilkan uang dengan bermain game online. Anda bisa
memenangkan hadiah hingga 500 hadiah tunai $.
14. Joeant (http://www.joeant.com)
Joeant
menawarkan direktori edited manusia “untuk menyediakan direktori situs
berkualitas bagi pengguna Internet”. Dibuat oleh sekelompok selusin mantan
Go.com (Disney) relawan Go Guides, JoeAnt lahir dari keinginan untuk menyediakan
hasil yang relevan dalam berbagai macam topik, dan berusaha untuk bekerja
dengan membentuk komunitas editor di mana orang tertarik dapat ikut Diluncurkan
pada 24 Mei 2001, JoeAnt telah tumbuh menjadi sebuah direktori besar dengan
daftar editor besar.
15. Lycos (http://www.lycos.com)
Lycos
adalah mesin pencari dan portal web yang banyak menekankan pada informasi
berorientasi hiburan dalam arti yang luas. Proyek Lycos diperkenalkan pertama
kali oleh Michael Loren Mauldin dari Universitas Carnegie Mellon di Amerika
Serikat pada tahun 1994, yang kemudian berubah menjadi suatu perusahaan.
Kemudian pada tahun 1995, Bob Davis bergabung dan menjadi CEO dari perusahaan
Lycos ini.
Salah
satu mesin pencari tertua. Saat ini Lycos lebih dikenal sebagai portal,
sehingga fungsi pencarinya tidak terlalu menonjol. Lycos, selain mendukung
pencarian web, juga menyediakan pencarian file MP3, dan video pada
http://multimedia.lycos.com.
·
Kelebihan :
1.
Lycos mampu mencari data dengan cepat
dan ini merupakan kelebihannya.
2.
Dalam hal pencarian cepat.
3.
Lycos menyediakan fungsi “Fun Search”
yang lebih diperuntukkan bagi kalangan remaja. Ini sangat membantu bagi
kalangan yang membutuhkan gosip dan lagu terbaru dari para selebritis pujaan.
4.
Lycos juga menampilkan 50 pencarian
terbesar di halaman depannya.
·
Kekurangan :
1.
Untuk mencari berita-berita aktualnya,
pengguna harus masuk ke bagian site map karena berita-berita tersebut tidak
ditampilkan di halaman depan.
2.
Sering tidak spesifik karena datanya
kebanyakan masih mengambil data dari mesin pencari Alltheweb yang tergolong
paling lamban dalam pencarian data.
16. Basigi (http://www.basigi.com/)
Ada
satulagi search engine yang merupakan asli buatan orang Indonesia. Mesin
pencari ini menurut saya memiliki banyak keunikan,pada home-page basigi yang
menyediakan link/taut statistik yang gunanya untuk menunjukan pemakai pada kata
kunci (Keyword) yang paling populer, kategori terpopuler, dan juga presentase
pencarian.
Di basigi itu juga ada informasi real-time yang
sekarang sedang menjadi trend di mesin pencari lain, beserta kata kunci serta
konten yang berhubungan dengan yang kita cara dengan suatu keyword.
Dan
selidik punya selidik ternyata basigi.com ini adalah search engine milik
detik.com, tapi nampaknya saat ini belum terlalu fokus untuk dikembangkan,
entah apa alasannya, apa kekurangan modal atau memang merupakan bagian rencana
jangka panjang untuk keperluan bisnis dipasar internet lokal.
·
Kelebihan :
1.
Basigi.com menampilkan semua situs
berita yang di indonesia,baik nasional atau local.
2.
User bisa langsung mendapatkan berita
hasin pencariannya berdasarkan kata kunci yang di inginkannya.
3.
Pada home-page basigi.com yang
menyediakan link statistik yang gunanya untuk menunjukan pemakai pada
kata luncinya
4.
Di basingi juga ada berita atau
informasi langsung atau real time
5.
Situs basigi mempunyai 2 nama domain
yaitu basigi.com dan updatebanget.com
·
Kekurangan :
1.
Basigi.com tampil dengan fitur yang
sangat terbatas pada pencarian berita-berita.
2.
Situs basigi.com ini menampilkan kolom
pencarian saja.
17. Mamma (http://www.mamma.com/)
“Mamma
merupakan contoh metasearch engine. Pencarian dengan metasearch engine akan
membawa kita pada hasil pencarian yang didapat oleh berbagai mesin pencari”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar